Tag

Saya gak ingat tepatnya kapan ya saya jadi suka banget belanja Online. Well, memang pada dasarnya saya suka belanja sih (termasuk window shopping juga) dan gak tahan aja ngeliat barang-barang bagus bertebaran tapi gak ditengok :P.

Kalau tidak salah, benda pertama yang saya beli dengan cara online adalah diaper untuk Luke. Karena sejak newborn sampai sekarang Luke cocok dengan diaper merk Nepia dan Nepia itu gak ada dijual di supermarket-supermarket. Adanya hanya di toko bayi saja, itupun lebih sering kehabisan.

Saya diperkenalkan dengan online shop – online shop ini ya darimana lagi kalau bukan dari pembicaraan para emaks. Jadi penasaran mencoba dan akhirnya ketagihan, apalagi diaper yang dibutuhkan memang selalu ada di online shop.

Tadinya saya hanya regis di satu online shop, eh lama kelamaan saya udah gak ngitungin lagi berapa online shop yang sudah saya masuki hahaha. Jadi rajin pulak membanding-bandingkan harga. Biarpun online tapi teteup jiwa keibu-ibuan saya ada, dapet barang dibawah harga itu sesuatu bukan? pencapaian luar biasa pokoknya 😀

Nah, dari yang awalnya hanya belanja diaper, keperluan-keperluan bocah eh jadi berlanjut deh ke yang lainnya. Baju, alat make-up, tas, makanan, buku, sepatu daaaaan lainnya. Online shop itu bukan hanya yang ada web nya aja tapi udah tersebar di media sosial seperti FB dan IG. Gak percaya? coba aja tengok medsosnya hehe.

Ternyata belanja online itu seru sodara hahaha daaan agak membahayakan. Kalau iman goyah, maka dompet pun ikutan goyah. Untunglah sejauh ini walaupun saya rajin banget window shopping ke online shop langganan tapi tetep mikir keras sebelum menekan tombol “membayar”. Yang paling menggoda itu kalau ada notifikasi bahwa lagi ada promo ini, promo itu. Aduh..kadang agak nutup mata sebelah sih, tapi sebelah lagi terbuka lebar hahahaha.

Cara berbelanja secara online pun termasuk mudah, yang kita perlukan hanya sambungan internet, hp, atm/ cc (kartu kredit), dan cemilan. Maksudnya, sambil belanja ya sambil nyemil-nyemil santai. Belanja dengan nyaman dan senang 😉 Saking nyamannya, gak heran ada banyak juga orang yang saking keasikan belanja eh tiba-tiba menjadi bangkrut karena kecanduan belanja. Duh, big NO ya untuk hal yang kayak gitu.

Ini ada beberapa tips yang mungkin bisa dipertimbangkan sebelum mulai berbelanja online dan jatuh kalap (based on my experience):

  1. Pastikan anda membaca terlebih dahulu aturan / persyaratan yang ditetapkan oleh online shop terkait tentang cara belanja di toko mereka.
  2. Belanja sesuai kebutuhan. Kalau butuhnya hanya diaper ya lihat bagian diaper saja. Akan lebih baik lagi kalau sebelumnya sudah di list apa saja yang mau dibeli. Sama seperti kalau kita belanja ke pasar or supermarket, di list down, sehingga belanja menjadi efektif dan sesuai kebutuhan.
  3. Seringkali online shop memberikan harga diskon. Coba cek deh, ada online shop yang memberikan diskon-diskon besar pada hari-hari tertentu. Kalau bisa bersabar, tunggu sampai datang hari diskon itu. Lumayan banget lohhh. Malahan ada yang memberi layanan cicilan dengan minimal pembelian. Salah satu online shop langganan saya yang sering memberikan diskon dihari-hari tertentu adalah yang satu ini nih 😀 *gak dibayar untuk ngiklanin loh*logo-blibli
  4. Jangan terpaku hanya dengan satu online shop. Sama seperti kalau kita belanja di supermarket, kita juga perlu membandingkan harga. Enaknya dengan online shop, kita tinggal buka beberapa window untuk banding-bandingkan harga dengan item yang sama. Gak cape jalan mondar mandir, hanya jari jadi keriting 😛
  5. Jangan berani-berani window shopping kalau iman tidak kuat. Lebih baik tau diri dan menahan diri. Kalau memang paling gak bisa menahan hasrat belanja, mendingan tidak usah sok-sok an berkunjung ke online shop.
  6. Sebelum melakukan tahap akhir yaitu Membayar, coba berhenti sejenak. Minum air putih, tarik napas dan diam sejenak. Renungkan apakah anda benar-benar membutuhkan barang-barang yang sudah masuk di keranjang belanjaan anda tsb? kalau ternyata gak butuh-butuh banget, langsung close saja windownya, matikan komputer dan nonton film Korea 😀
  7. Usahakan membayar dengan cara cash atau internet banking. Sebisa mungkin tidak menggunakan kartu kredit apalagi bila anda adalah tipe orang yang senang belanja, seperti saya hahaha. Tapi kalau anda masih sangat bisa melakukan step ke 6 diatas, penggunaan kartu kredit rasanya masih aman.

Hari ini pesanan saya hasil dari Belanja Online datang hihihi…hasilnya? hmmmm, tidak mengecewakan 😀 padahal saya sudah siap dengan kemungkinan terburuk, secara belanja online kan kita gak pegang barang aslinya yaaa.

Jadi, mau belanja online?

Iklan