Tag

, ,

Ini bukan tentang percintaan dua sejoli yang akhirnya patah hati..bukan juga cuplikan lirik lagu melow miauw yang sering terdengar dari lagu-lagunya Glenn, Marcell atau yang lainnya. Ini tentang my toddly yang bikin saya agak melow lately.

Sebagai working mom yang masih menyusui sampai saat ini, saya masih rajin pumping dikantor 2x meskipun penghasilan ASIPnya gak sebanyak dulu lagi. Ya kalau dikira-kira lumayanlah bisa menghasilkan ASIP 150an ml.

Karena Luke sudah lewat 1th jadi biasanya berapa hasil perah yang saya dapat dikantor, itulah yang akan dia minum keesokan harinya selama saya tinggal kerja. Stok ASIP sudah sangat menipis, yaa masih ada sih sekitar 4-5 botol saja. Tapi karena selera makan Luke yang sangat-sangat bagus, semua doyan, ya makanan berat, ya buah, ya minuman, ya cemilan..jadi saya gak terlalu khawatir meskipun stok ASIP saya sedikit. Kan sudah diatas 1th bukan ASInya lagi yang utama tapi kombinasi makanannya ya.

Tapi beberapa hari ini, waktu saya pulang kerja dan ngecek di chiller kok masih ada 1botol ASIP lagi. Biasanya saya turunkan 2 botol dari freezer untuk diminum. Waktu ditanya, emak saya laporan kalau Luke sekarang cuma mau minum ASIPnya sedikit trus langsung ngelengos. Eh?? Beda banget nih sama dulu. Dulu kalau ASIP yang dia minum sudah habis, dia pasti ngamuk-ngamuk minta nambah lagi. Sekarang malah diplengosin gitu?

Saya pikir, ah mungkin karena Luke masih kenyang trus disuruh minum ASIP ya pasti ditolak. Jadi minta supaya emak ngasihnya kalau Luke habis main aja, kan haus tuh. Trus mulai pake gelas aja gak usah pake dot lagi. Hasilnya?

Kemarin pas saya tanya ternyata tetap sama. Luke tetep aja minumnya sedikit padahal sudah diganti minum dari gelasnya, dari gelas kaca, dari gelas orang dewasa. Saya langsung kepikiran “aduh…anak gw udah gede nih. Jangan-jangan bentar lagi dia menyapih dirinya sendiri”, huaaaaaa saya langsung melow dong. Duh, begini rasanya anak GTM. Emang sih gak GTM sama makanan, tapi sama ASIP *hiks..* Kepikiran, apa jangan-jangan ini akibat saya sering mengatakan ke bocah bahwa nanti waktu umur 2th gak nenen lagi ya?

Padahal buat sebagian ibu mungkin keadaan seperti ini agak menguntungkan ya, jadi nantinya tidak terlalu ada kendala waktu bocah di sapih. Tapiiii, saya kok belum mau ya. Saya masih mau nimang-nimang dia kalau mau tidur sambil nenen, elus-elus kepalanya, melihat matanya yang gembira banget waktu di nenenin sambil bercanda 😦 Lah, kenapa jadi sedih saya ya?

Tapi dari hasil ngobrol sana sini sama para emak pumping, kok banyak juga yang mengalami hal serupa. Rata-rata para toddly ini mulai berkurang banget minum ASIPnya malahan ada yang gak mau minum ASIP sama sekali dan hanya mau kalau nenen saja. Gejala apakah ini?

Sampai sekarang sih saya belum berhasil mendapatkan jawabannya, tapi ngerasa gak sendirian karena ternyata banyak juga para ibu yang mengalami hal serupa. Banyak yang nyiasatin dengan ngasih tambahan susu UHT, untuk ngegantiin ASIPnya. Tadinya mau milih jalan serupa, tapi ahh setelah dipikir-pikir lagi, ngapain pake susu lain wong susu emaknya sendiri bocah masih mau kok, hanya maunya langsung dari gentong 😛

Nah hari ini, saya cobain nih untuk gak ngasih ASIP dan gak nawarin sama sekali. Mau tau gimana reaksinya si toddly. Nanti minggu depan mau coba ditawarin lagi, kalau ternyata setelah diobservasi tapi bocahnya gak menunjukkan gejalan pengen minum ASIP, yo wes saya harus legowo. Sudah siapin plan A dan B.

Plan A, ASIP mau dicampur ke makanannya, ya bikin puding kek atau bikin apalah. Plan B, di donorkan saja.

Kemarin itu dapet beberapa berita ada yang butuh donor ASI. Jadi daripada mubazir mendingan stok ASIP yang tidak seberapa itu nanti didonorkan saja ke yang membutuhkan. Saya jadi nambah anak deh dan Luke juga jadi punya sodara sepersusuan. Macam artis Jedar tuh yang punya anak susu banyak bener hahahaha *mimpi ahhh*

But deep inside my heart, saya masih berharap Luke akan kembali mau minum ASIPnya. Kalaupun tidak, ya harus tetep doyan sama nenen. Harus ya nak, sampai 2 tahun paling tidak, gak rela berhenti sekarang 😥 *melow lagi deh*

