Tag

Demam satu hari oh pusingnya…

Pas bikin judul blog ini, eh kok mirip dengan lagunya si neng ya yang “cinta satu malam..” hehehe, jadi nyanyi deh saya walaupun cuma tau lirik yang itu aja diulang-ulang *ngakunya penggemar dangdut :P*

Setelah lama gak ngalamin anak sakit, eh kemarin tuh ngerasain juga. Waktu saya pulang kerja Senin malam, sebenarnya belum melihat ada yang aneh sama si toddler. Tapi waktu mau tidur, biasa kan, Luke masih ngASI, eh baru keraba kok kayaknya badannya agak anget. Saya kira hanya perasaan saya aja karena waktu itu pas habis mandi jadi suhu badan saya pastinya beda banget sama suhu badannya.

Habis ngASI langsung tidur deh bocahnya, saya amati memang napasnya seperti beda, kayaknya agak tersumbat juga hidungnya. Duh, udah feeling nih jangan-jangan bakalan pilek. Bener aja, tidur setengah jam eh kebangun lagi, minta nyusu lagi, trus tidur lagi. Sebentar bangun lagi, nyusu lagi dan tidur lagi. Begitu sampe 3x deh kayaknya. Nah yang ke 3x saya raba memang demamnya mulai terasa. Langsung AC saya kecilin banget, trus buru-buru rebus air sepanci. Buat apaan rebus air? bikin indomie maaaak!! hahaha bukan deng..buat bikin uap dicampur dengan minyak kayu putih dan ditaro di sudut kamar.

Pengalaman yang udah-udah, ngaruh banget loh itu untuk bantu legain hidung yang tersumbat. Akhirnya bisa tidur deh bocah sampe jam 3an. Waktu jam 3 bocah kebangun dan minta nyusu, saya raba keningnya, kayaknya demam mulai tinggi, bocah juga agak rewel. Mau diukur suhunya pake termometer manual yassalaaaam..bocahnya malah mau ngambil buat mainan. Susah payah ngalihin perhatiannya, dan yang terekam suhunya sekitar 38′ (kurang akurat kayaknya, karena buru-buru sebelum direbut bocah lagi). Akhirnya sepakat sama mr. suami untuk ngasih Sanmol drop. Ini ibu-ibu pasti udah tau kegunaan Sanmol kan ya, bukan supaya demamnya hilang, tapi supaya agak nyaman aja dan bocahnya bisa tidur.

Usaha pemberian Sanmol juga pake bujuk rayu dulu, ya nyontohin ke bapaknya dulu, trus emaknya, sambil tuh bocah tetep aja berusaha ngerebut. Kebayang gak, jam 3 pagi, dimana orang lagi ngantuk-ngantuknya eh mendadak mata kami bertiga seger dong karena main mangap-mangapan demi si Sanmol masuk ke mulut bocah :D. Udah gitu gak berhasil pulak ngebujuknya, jadi terpaksa pake paksaan sedikit supaya Sanmolnya masuk *maap ya nak*.

Habis Sanmol masuk mulut, lanjut nyusu lagi dan tertidurlah si bocah. Gak lama keringetnya keluar dan badannya mulai adem. Puji Tuhan, tidurnya berlanjut dan nyenyak banget. Iya pake banget, soalnya kita baru bangun jam 7 padahal biasanya jam 6 juga bocah udah berisik 😛

Waktu bangun pagi sih bocahnya udah biasa aja, walaupun pas dipegang ya masih anget-anget gitu, akhirnya saya memutuskan untuk ijin cuti aja supaya bisa nemenin bocah. Kasian juga nanti opungnya repot kalau bocah makin gak enak badannya. Ternyata keputusan untuk cuti itu memang bener, hari itu bocah meler terus-terusan walau masih aktif main dan makan, waktu tidur siang juga sempet rewel banget sampe akhirnya kerjasama ama opung untuk nyuapin Sanmol lagi ke mulut bocah. Tapi waktu malam, bocah bisa tidur lumayan nyenyak. Bangunnya juga cuma untuk ngASI dan udah gak demam lagi.

Tadinya waktu Selasa dini hari bocah demam, saya sempet khawatir kalau-kalau akan kena virus Roseola, sebab malam Minggunya bocah saya ajak besuk ponakan yang ternyata sakitnya adalah virus Roseola. Tapi waktu Rabu pagi saya cek, beneran si bocah udah gak demam dan saya perhatiin udah gak meler lagi. Saya sampe berulang kali ngeliatin hidungnya bocah untuk ngecek, tapi beneran deh udah gak meler. Ini ajaib bener, seinget saya kalau bocah pilek, biasanya ya gak cuma sehari melernya. Alhasil, Rabu itu sepanjang hari bocah udah bener-bener aktif, main bola, lari sana sini, jalan-jalan seputar komplek, dan malamnya bisa tidur seperti semula.

Setelah saya inget-inget, ini mungkin adalah salah satu hasil dari imunisasi Influenza beberapa bulan lalu ya ditambah lagi memang hampir sebulanan ini saya rajin konsumsi supplemen Lifepak yang tinggi vitamin dan nutrisinya itu, ngaruh lewat ASI kan ya? *eh, malah nanya*. Apapun itu, senang karena demam kemarin bisa dilewati dengan aman dan tanpa tindakan yang irrational 🙂

Semoga anak-anak kita dan keluarga juga tetap sehat-sehat ya memasuki musim hujan ini.

20151208_110017[1]

38,5′ in the morning, still playing, smiling, eating, drinking 🙂

Iklan