Tag

,

Pernah dengar tentang sebutan si Melankolis, Sanguin, Plegmatis atau Koleris? atau belum pernah sama sekali dan bingung? Sama, saya juga dulu gitu, bingung :p

Mayoritas dari kita walaupun tidak mengetahui secara detil tentang 4 sebutan diatas, pasti sudah pernah mendengarnya. Biasanya untuk mereka yang senang dengan bidang Psikolog atau berhubungan dengan banyak manusia, ke empat sebutan tsb pastilah tidak asing. Atau yang pernah mengikuti Psycho Test.

Pertama kali saya mendengar tentang Personality Plus dan 4 sebutan tsb adalah saat saya masih kuliah. Mendengarnya pun dari dosen (karena saya mengambil jurusan Pendidikan yang juga berhubungan dengan manusia) dan dari seorang teman yang suka dengan dunia Psikolog (dan akhirnya melanjutkan kuliah bidang Psikolog).

Personality Plus ini dibahas secara jelas oleh Florence Littauer dalam bukunya. Walaupun saya belum pernah membacanya secara utuh, tapi coba cek saja di google, maka kita akan mendapatkan ulasan yang cukup lengkap tentang 4 tipe kepribadian tsb. Saya sudah beberapa kali mendengar ulasannya dan saya ingin coba bagikan disini ya secara sederhana saja, kalau mau dapat lengkapnya nanti bisa cari buku Personality Plus tsb di Gramedia πŸ˜€

Pada dasarnya ada 4 tipe kepribadian manusia, yaitu:

1. Melankolis Sempurna

Mereka yang memiliki kepribadian ini adalah mereka yang suka dengan segala sesuatu yang teratur, terjadwal, detil, suka dengan hal-hal berdasarkan fakta, data, angka dan suka menganalisa. Jadi, jangan coba-coba mengutarakan sesuatu yang tidak ada faktanya atau tidak detil kepada si Melankolis karena ia pasti akan mempertanyakan dan meragukannya. Dan si Melankolis ini memiliki kecenderungan melihat segala sesuatu dari sisi negatifnya dulu.

Si Melankolis tidak suka bila reputasinya jatuh karena kesalahan yang dibuatnya, itu sebabnya sebelum melakukan segala sesuatu, ia akan mempertimbangkan dan menganalisanya sebaik mungkin dan selama ia mau dan paling nurut sama yang namanya aturan aka SOP. Ia tidak akan mengambil sebuah tindakan beresiko jika belum benar-benar yakin akan analisanya. No wonder, Melankolis ini disebut pemikir dan sempurna. Saking lamanya mikir supaya sempurna mungkin ya πŸ˜€

Selain itu, si Melankolis juga biasanya adalah orang yang tertutup/ introvert. Tidak terlalu nyaman bertemu dengan banyak orang (lebih milih ketemu layar monitor) dan kalau dari penampilan gampang banget ditebak. Sukanya baju-baju yang simple, tidak banyak aksesoris yang aneh-aneh, dan hanya memakai warna-warna dasar saja seperti hitam, putih, coklat atau abu-abu.

Mereka yang memiliki kepribadian Melankolis biasanya cocok bekerja dibelakang layar, seperti menjadi akuntan, auditor, ilmuwan atau musisi. Berat ya booo. Dan saya adalah salah satu contoh orang Melankolis yang bukan auditor, bukan ilmuwan apalagi musisi. Tapi seneng banget jadi seksi sibuk untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik hahahaha. Jadi si Melankolis, perlu belajar pada si Sanguin untuk lebih menikmati hidup. Kenapa? baca berikutnya ya.

Β 2. Sanguin Populer

Yang ini kebalikan dari si Melankolis. Kalau Melankolis males banget berhubungan dengan manusia, maka tipe yang satu ini suka banget ketemu manusia apalagi kalau menjadi pusat perhatian dan dipuja puji hahaha. Makanya disebut Sanguin Populer karena memang seorang sanguin cenderung senang tampil dan disenangi banyak orang karena sangat mudah bergaul dengan siapa saja, suka bicara, ceria dan gak pernah terlihat sedih.

Gampang banget mengenali seorang dengan kepribadian Sanguin, mereka nyaris tidak pernah memakai baju berwarna netral atau gelap, pasti selalu yang cerah dan kontras seperti merah, kuning, pink, hijau, dengan corak berwarna warni. Jelas aja, kan mereka senang menjadi perhatian orang banyak hehehe makanya kebanyakan dari mereka yang berkepribadian Sanguin memang sangat cocok jadi seleb, penyanyi, atau yang di dunia entertainment itu lah.

Selain itu, mereka yang tertawa sangat lebar dan lepas ditengah keramaian bisa dipastikan biasanya adalah seorang Sanguin :D. Mereka tuh enjoy banget dan terlihat selalu bahagia dengan hidupnya yaaa. Namun begitu, seorang Sanguin memiliki beberapa kelemahan yang bisa diperbaiki tentunya seperti pelupa, cuek dan berantakan. Seorang Sanguin perlu belajar dari si Melankolis untuk lebih teratur dan tepat waktu dalam memenuhi janji serta selalu menyelesaikan pekerjaan sesuai waktu yang sudah ditetapkan.

3. Koleris Kuat

Biasanya sosok para pemimpin memiliki sisi Koleris yang kental. Karena seorang Koleris adalah mereka yang menyukai tantangan jadi biasanya selalu ada aja pengikutnya yang mungkin terkagum-kagum dengan kepemimpinan Koleris yang gak gampang menyerah dalam mencapai tujuannya. Mereka juga biasanya akan memastikan tujuannya tercapai, karena mereka suka banget dengan pencapaian dan rasanya apapun akan dilakukan demi tercapainya tujuan tsb.

Namun yang seringkali menjadi permasalahan adalah, si Koleris akan menyelesaikan tugasnya atau mencapai tujuannya dengan cara yang ia yakini adalah yang terbaik. Tidak peduli apa kata orang lain atau kata buku manual, tapi hanya caranyalah yang benar dan kalau ditegur cenderung lebih galak dia daripada yang ngasih tugas hehehe.

Seorang Koleris juga cenderung bossy, suka nyuruh-nyuruh. Nah coba cek deh dilingkungan kantor, rumah atau disekolah, siapa yang suka nyuruh-nyuruh gitu :D. Terlepas dari beberapa hal tsb, si Koleris adalah orang yang sangat bisa diandalkan dalam memimpin. Dengan kepribadiannya yang kuat dan gak gampang menyerah, bisa dipastikan pasti tujuan akan tercapai.

4. Plegmatis Damai

Ini dia si pembawa damai. Pembawaannya selalu tenang, gak suka konflik, pendengar yang baik dan saking tenangnya jadi suka disalah artikan dengan gak punya semangat. Hmm, sebenarnya gak juga sih, karena mereka yang plegmatis ini punya banget semangat rela berkorban demi orang lain. Sosialnya sangat tinggi dan gak tenang melihat orang lain tertindas.

Disisi lain, si Plegmatis terkesan sebagai orang yang pasrah pada keadaan. Tidak punya daya juang yang tinggi. Makanya mereka ini perlu banget mendapatkan banyak motivasi dan dorongan dari orang lain agar mau bergerak maju atau pindah dari comfort zone ke combat zone demi kehidupan yang lebih baik. Tapi sang Plegmatis ini adalah orang paling enak diajak berteman, karena selalu tulus dan mau membantu walaupun cenderung pemalu.

Sekarang ini saya semakin sering mendengar pembahasan tentang Personality Plus karna terjun di dunia bisnis yang mewajibkan saya berhubungan dengan banyak manusia. Hal yang sebenernya dulu paling saya hindari. Saya lebih menikmati bertemu dengan layar monitor daripada harus ‘berbasa-basi’ dengan manusia lain. Tapi itu dulu…saya belajar bahwasannya tidak ada yang bisa hidup seorang diri, dan karena manusia adalah mahluk sosial jadi sangatlah penting untuk dapat berhubungan dengan baik dengan orang lain terlepas kepribadian apapun yang dimiliki.

Pada dasarnya setiap orang pasti memiliki 4 karakter diatas dalam masing-masing dirinya namun ada 2 yang menonjol. Misalnya Sanguin Kolerik, atau Melankolis Kolerik, atauΒ  Melankolis Plegmatik dll. Well, tidak ada satu karakter pun yang salah karena masing-masing karakter punya kekuatan dan kelemahan masing-masing. Yang diperlukan adalah cara untuk memahaminya saja.

Jadi, mari berpikir sebagai Melankolis sempurna, bertindak sebagai Sanguin populer, bekerja sebagai Koleris kuat dan hidup sebagai Plegmatis yang cinta damai πŸ™‚

Iklan